Persyaratan Penerima KIP KULIAH

  1. Penerima KIP Kuliah adalah Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan atau lulus 2 (dua) tahun sebelumnya.
  2. Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah.
  3. Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui semua jalur masuk Perguruan Tinggi dan diterima di PTN atau PTS pada Program Studi yang telah terakreditasi.

Keterbatasan ekonomi calon penerima KIP Kuliah dibuktikan dengan :

  1. Kepemilikan program bantuan pendidikan nasional dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau
  2. berasal dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH) atau
  3. pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), atau
  4. mahasiswa dari panti sosial/panti asuhan, atau
  5. mahasiswa dari keluarga yang masuk dalam desil kurang atau sama dengan kategori 4 (empat) pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Jika calon penerima tidak memenuhi salah satu dari 5 kriteria di atas, maka dapat tetap mendaftar untuk mendapatkan KIP Kuliah asalkan memenuhi persyaratan tidak mampu secara ekonomi sesuai dengan ketentuan, yang dibuktikan dengan pendapatan kotor gabungan orang tua/wali paling banyak Rp 4.000.000,00 (empat juta rupiah) setiap bulan atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga paling banyak Rp750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).

Keunggulan Penerima KIP KULIAH

Pembebasan biaya pendaftaran
seleksi masuk perguruan tinggi (Ujian Tulis Berbasis KomputerUTBK) serta seleksi lain yang diusulkan oleh masing-masing panitia dan perguruan tinggi bagi siswa yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial (Kemensos)

Pembebasan biaya kuliah/ pendidikan yang dibayarkan langsung ke perguruan tinggi. Bantuan biaya hidup, mulai tahun akademik 2021/2022 biaya hidup ditetapkan oleh Puslapdik berdasarkan perhitungan besaran indeks harga lokal dari masingmasing wilayah Perguruan Tinggi.

Tahapan Pendaftaran KIP Kuliah UBL

Untuk mendaftar Beasiswa UBL jalur KIP Kuliah 2021, pendaftaran di lakukan sebanyak 2x :
1. Pendaftaran UBL
2. Pendaftaran KIP Kuliah Kemdikbud

*Pendaftaran UBL

Dilakukan secara online di spmb.ubl.ac.id

Dengan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 300.000

Spmb.ubl.ac.id

Pada saat pendaftaran, siswa memasukkan NISN dan NPSN , untuk selanjutnya memilih jalur Beasiswa Sosial dan mengisi seluruh isian terkait informasi yang diminta oleh SIM PMB UBL

*Pendaftaran KIP Kuliah Kemdikbud

Pada saat pendaftaran, siswa memasukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang aktif

Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan melakukan validasi NIK, NISN dan NPSN serta kelayakan mendapatkan KIP Kuliah.

Jika proses validasi berhasil, Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang didaftarkan.

Siswa masuk ke dalam SIM KIP Kuliah dengan memasukkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses untuk menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah dan memilih proses seleksi yang akan diikuti yaitu jalur KIP Mandiri, memilih Universitas Bandar Lampung dan Program Studi yg dipilih di UBL

Bagi calon penerima KIP Kuliah yang telah dinyatakan diterima di Universitas Bandar Lampung,  dapat dilakukan verifikasi lebih lanjut oleh Perguruan Tinggi sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.

Alur Pendaftaran KIP Kuliah

Persyaratan Beasiswa UBL

  1. Scan Sertifikat peserta dan Kejuaraan ketika SMA/SMK/Sederajat/Provinsi dan Nasional
  2. Scan E-KTP siswa, kartu pelajar, E-KTP ayah, dan E-KTP ibu
  3. Scan Kartu Keluarga
  4. Foto diri
  5. Scan ijazah / SKHU terlegalisir / SKL
  6. Scan Surat Rekomendasi Kepala Sekolah
  7. Scan Raport dari kelas X – XI (semester 1-4)
  8. Scan Rekening Listrik min.2 Bulan terakhir
  9. Scan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)
  10. Scan Daftar Slip Gaji atau Pendapatan Kotor Orangtua
  11. Foto Keluarga
  12. Foto rumah atau tempat tinggal tampak : Depan, Belakang, Dalam, Samping Kanan dan Kiri

Seluruh file dijadikan 1 dokumen PDF dikirim melalui email di pmb@ubl.ac.id dengan Subject: Nama_AsalSekolah

Tunggu Apa Lagi? Yuk Bergabung Bersama Kami Raih Masa Depanmu

error: Content is protected !!